Prasyarat Tumbuh Tanaman Kopi supaya bisa Tumbuh dengan Baik – Kopi telah tidak asing sekali lagi saat didengar telinga oleh beberapa orang. Orang-orang di Indonesia sangat baik mengetahui kopi yang umum diminum dengan seduhan air panas. Karna pada intinya kopi benar-benar sangat di sukai oleh orang banyak baik kelompok muda sampai terlebih orangtua, tak tahu wanita atau pria. Terdapatsyarat tumbuh tanaman kopi juga sistem sebelumnya kopi bisa diminum seperti yang kita kerjakan keseharian ini kopi lewat sistem yang panjang. Mulai dari pemanenan biji kopi yang sudah masak dengan baik yang lalu dikeringkan sampai jadi kopi gelondong. Sesudah melalui sistem kopi gelondong lalu disangrai dengan tingkat derajat yang beragam. Sesudah disangrai biji kopi di giling atau dihaluskan jadi bubuk yang lalu telah siap untuk dikonsumsi.

Beragam jenis manfaat dapat di peroleh dengan konsumsi atau memakai kopi jadi bahan intinya. Ada dua varietas pohon kopi yang di kenal pada umumnya yakni Kopi Robusta serta Kopi Arabika. Terlebih dulu sudah diterangkan tentang sistem pembuatan kopi tetapi, bagaimana bercocok tanam tanaman kopi itu? Karna pada intinya bercocok tanam tanaman kopi tidaklah hal gampang. Ada beragam aspek prasyarat tumbuh tanaman kopi supaya tanaman kopi bisa tumbuh dengan baik. Untuk memperoleh tanaman kopi yang baik ada banyak hal yang perlu di perhatikan seperti iklim, suhu, ketinggian, topografi, keadaan tanah, serta varietas. Indonesia adalah negara yang cukup mujur karna mempunyai iklim yang pas untuk menanam tanaman kopi.

Prasyarat tumbuh tanaman kopi yaitu beriklim tropis dengan curah hujan 1000-1500mm untuk kopi type arabika serta 2000mm untuk kopi type robusta. Sedang suhu yang dibutuhkan untuk kopi type arabika yaitu 16oC-22oC sesaat kopi type robusta pada suhu sekitaran 20oC-28oC. Pada ketinggiannya tanaman kopi tidak dapat asal-asalan, untuk type arabika di ketinggian 800-1500mdpl sedang type robusta di ketinggian 400-800mdpl. Keadaan topografi harus juga di perhatikan, untuk daerah dengan tiupan angin yang kencang membuat perlindungan kopi dengan tanaman lamtoro. Keadaan tanah diinginkan mempunyai top soil atau kandungan organik yang tidak tipis serta tingkat keasaman tanah sekitaran 5, 5-6, 5. Serta yang paling akhir varietas yang dipunyai tiap-tiap daerah tidak sama seperti hasil kopi arabika di

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s