Klasifikasi Tanaman Kopi Robusta serta Arabika – Pada klasifikasi tanaman kopi, tanaman kopi mempunyai 100 spesies tetapi, cuma tiga yang banyak di budidayakan. Klasifiasi tanaman kopi menurut golongan-golongannya yakni yaitu kingdom plantea, divisi magnoliophyta, kelas magnoliopsida, ordo gentianacea, famili rubiaceae, genus coffea, spesies coffea arabica ; coffea robusta ; serta coffea liberica. Pada spesies tanaman kopi tersebut di Indonesia umumnya cuma membudidayakan tanaman kopi type robusta serta arabica. Tanaman kopi juga akan tumbuh baik pada iklim tropis dengan curah hujan 1000-1500mm per th. untuk kopi type arabika serta 2000mm untuk kopi type robusta. Sedang suhu yang dibutuhkan untuk kopi type arabika yaitu 16oC-22oC sesaat kopi type robusta pada suhu sekitaran 20oC-28oC.

Klasifikasi tanaman kopi type robusta menurut golongannya yakni yaitu kingdom plantea, divisi magnoliophyta, kelas magnoliopsida, ordo gentianacea, famili rubiaceae, genus coffea, spesies coffea robusta. Tanaman kopi spesies robusta diketemukan pada th. 1895 oleh Emil Laurent yang sudah bertindak penuhi produksi kopi dunia sekitaran 20 %. Untuk di Indonesia, tanaman kopi robusta biasanya dibudidayakan oleh petani di Sumatera selatan, Lampung, serta Jawa timur. Tanaman kopi robusta mempunyai akar tunggang yang tumbuh tegak lurus sedalam nyaris 45cm dengan berwarna kuning muda. Batang serta cabang kopi robusta bisa tumbuh sampai 2-5m. Di Indonesia beberapa petani lebih pilih untuk produksi kopi type robusta dari pada arabika.

Klasifikasi tanaman kopi type robusta menurut golongannya yakni yaitu kingdom plantea, divisi magnoliophyta, kelas magnoliopsida, ordo gentianacea, famili rubiaceae, genus coffea, spesies coffea arabica. Kopi arabika datang dari afrika yakni pegunungan di Ethiopia. Di Indonesia tanaman kopi arabika adalah tanaman eksotik teruta yang sudah berhasil diperkembang mulai sejak th. 1699. Tanaman kopi arabika menyebar di banyak daerah di Indonesia seperti, dataran tinggi ijen Jawa timur, dataran tinggi Toba Sumatera utara, tanah tinggi Pangabungan Sumatera utara, tanah tinggi Sidikalang Sumatera utara, dataran tinggi Gayo di Aceh, tanah tinggi Toraja di Sulawesi Selatan, serta tanah tinggi Kintamani di Bali. Kopi arabika mempunyai peranan produksi kopi didunia sampai 80 %.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s